Rabu, 19 April 2023

Anomali Bagi Yang Bijak Adalah Hikmah


 Anomali adalah istilah umum yang merujuk kepada keadaan penyimpangan atau keanehan yang terjadi atau dengan kata lain tidak seperti biasanya. Anomali juga sering di sebut sebagai suatu kejadian yang tidak bisa diperkirakan sehingga sesuatu yang terjadi akan berubah-ubah dari kejadian biasanya. 

Wikipedia

Ada sebuah ayat  di QS. An-Nur Ayat 26 bahwa laki laki yang baik untuk wanita yang baik

"26. Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula)."

Tapi kenapa Firaun yang keji punya Istri Asiyah binti Muzahim yang baik, bukankah bertentangan dengan ayat tersebut.

Maka jawabanya, bahwa anomali atau kita sebut kejadian jarang itu, selalu ada di alam wujud ini, karena ada sebab-sebab diluar kejadian selalu yang mempengaruhi terjadinya akibat anomali tersebut.

Contoh mudah misalkan, biasanya anak ustad ya baik secara umum. Tetapi kadang kala ada anak ustad yang buruk akhlaknya. 

Bagi sebagian orang mungkin itu ganjil atau di luar kaidah yang ada. Sehingga sering kali ada kalimat protes ketika terjadi hal-hal ganjil atau disebut anomali tersebut. 

Namun bagi orang Bijak, ketika melihat sebuah anomali, maka di dalam benaknya akan muncul pertanyaan; Apa Hikmahnya? Bukan dengan kalimat protes Kenapa Begitu? 

Misal hikmah pernikahan dari Firaun dengan Asiyah adalah Selamatnya Nabi Musa dari Firaun, karena waktu itu semua bayi laki-laki di bunuh oleh Firaun, kecuali Nabi Musa, karena ada permintaan dari Aisyah untuk memeliharanya.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More