Senin, 17 April 2023

BACALAH AL-QUR'AN SETIAP HARI!


Mendengarkan bacaan Al-Qur'an bukanlah soal mendapatkan ketenangan... Pastikan membaca Al-Qur'an setiap hari.  Tentu saja, saya tidak mengatakan mesti membaca setengah juz atau satu hizib setiap hari, misalnya ... Baik setengah halaman sehari, satu halaman sehari, intinya jangan sampai ketinggalan membaca Al-Qur'an.  Seyogianya tidak ada hari dalam setahun ketika anda tidak membuka dan membaca Al-Qur'an.


*************

Sesungguhnya Al-Qur'an adalah kitab kehidupan, kebijaksanaan dan pelajaran. Al-Qur'an mengandung pelajaran segala aspek kehidupan. Ketika anda membuka halaman mana pun darinya, dan ketika mencermati dan mentadabburinya, seseorang akan menemukan lusinan poin dasar kehidupan di setiap halaman Al-Qur'an.


*************

Pembacaan Al-Qur'an harus disertai perenungan (tadabbur) lafaz-lafaz dan makna Al-Qur'an mulia dan penerapan beberapa aturan tajwid, karena riwayat-riwayat yang mulia menekankan pentingnya memahami ayat-ayat dan merenungkannya (tadabbur).


Merenungkan beberapa ayat dalam Al-Qur'an yang mungkin termasuk nasihat yang sesuai dengan situasi kita pada khususnya, karena hal ini akan membangkitkan hati nurani kita.


إنَّ مَن ختم القرآن فكأنما أُدرجت النبوة بين جنبيه، ولكنه لا يُوحى إليه


" Sesungguhnya barangsiapa yang mengkhatamkan Al-Qur'an, maka seolah-olah ada nubuat (kenabian) yang disisipkan di antara kedua sisinya, tetapi tidak diwahyukan kepadanya."

******************

Dalam suratnya kepada Putranya, Seorang Bijak menulis:

"sebisa mungkin, jangan tinggalkan membaca sebagian dari al-quran yang hanya memakan waktu selama 5menit.

Dan hadiahkanlah pahalanya kepada Ruh suci Rasulullah saw, hal tersebut akan menyebabkan berkah umurmu dan kesuksesan insyaAllah."

************************
"Dalam keadaan yang tercemar oleh polusi duniawi maka sudah sepantasnya  kita berenang dalam lautan maknawi al-Quran al-Karim yang tak berujung, agar kita menjadi suci dari kotoran-kotoran dunia, dan ini tidak mungkin kecuali dengan selalu menjalin keakraban dengan Kitab Samawi ini."

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More