Selasa, 18 April 2023

Buat Apa Beragama, Apa Tujuan Akhirnya?

 


Pertanyaan paling awal yang harus dikemukakan kepada orang-orang beragama, adalah: Buat apa beragama, apa tujuan akhirnya? Menjawab pertanyaan ini, Allah sudah berfirman dengan jelas: yakni, beragama adalah jalan untuk mendapatkan keselamatan di (dunia dan di) akhirat:


"Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, Hari Akhir dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran atas mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati." (Al-Baqarah: 62)


Lihat, apa yang Allah sebutkan sebagai syarat mendapatkan keselamatan itu? Beriman kepada Allah dan Hari Akhir, serta beramal shalih (berbuat kebaikan bagi sesama makhluk Allah).

Dalam ayat lain yang sejalan, Allah memfirmankan:


"...barangsiapa yang memasrahkan diri ("wajah") sepenuhnya kepada Allah, sedang ia berbuat ihsan (kebaikan yang indah/disempurnakan), maka baginya pahala pada sisi Tuhannya dan tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati." (Al-Baqarah: 112)


Dalam sebuah ayat lain, Allah menyebut bahwa tujuan-Nya menciptakan mati dan hidup adalah untuk memastikan bahwa manusia beramal dengan penuh ihsan:


"(Dia) yang menciptakan kematian dan kehidupan untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang paling ihsan amalnya... (QS. Al-Mulk: 67) 62)


“Yang paling banyak memasukkan orang ke surga, adalah taqwa (kesadaran ketuhanan, yang lagi-lagi bermakna spiritualitas dan kemampuan membawa diri dengan cara yang mendatangkan keridhaan Allah dan menghindari apa-apa yang membuat-Nya tidak ridha) dan amal shalih.”

Inilah Islam, inilah tujuan keberislaman. Inilah akhir yang harus kita tuju dalam kehidupan kita sebagai Muslim.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More