Kamis, 06 April 2023

Kisah Hikmah_1

 


Allah Swt bertanya kepada Jibril : 


“Wahai Jibril, 

Seandainya Aku menciptakan engkau sebagai seorang manusia, 

Bagaimana caranya engkau akan beribadah kepada-Ku?”


“Tuhanku,” jawab Jibril, “Engkau mengetahui segala-galanya sesuatu yang pernah terjadi, akan terjadi, atau mungkin terjadi. 

Tak ada sesuatu pun di langit dan di bumi yang tersembunyi dari-Mu. 

Engkau pun tahu bagaimana aku akan menyembah-Mu.”


Allah bersabda :


“Benar. 

Aku tentu mengetahui hal itu. 

Tetapi hamba-hamba-Ku tidak mengetahuinya. 


Jadi, katakanlah sehingga hamba-hamba-Ku dapat mendengar dan mengambil pelajaran darinya.”


Lalu Jibril pun berkata :


“Tuhanku, 

Seandainya aku diciptakan sebagai manusia, aku akan menyembah-Mu dalam tiga cara :


1. Aku akan beri minum mereka yang kehausan. 


2. Aku akan menutupi kesalahan-kesalahan orang lain ketimbang membicarakannya.


3. Aku akan menolong mereka yang miskin.” 


Allah kemudian berfirman :


“Karena Aku tahu bahwa engkau akan melakukan hal-hal tersebut, 

Maka Aku telah memilihmu sebagai pembawa wahyu dan menyampaikannya kepada para nabi-Ku. “


Tutupilah aib orang lain, sehingga aibmu pun disembunyikan. 

Maafkanlah dosa orang lain, agar dosamu juga diampuni. 


Jangan singkapkan kesalahan orang lain, agar hal yang sama tidak terjadi padamu."


0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More