Selasa, 23 Mei 2023

Fenomena Akhir Zaman : Memakan Hak Manusia Lain


Akhir Zaman sering dikaitkan dengan perbuatan aneh, antik, tidak masuk akal, dosa dan meninggalkan ketaatan serta mengerjakan maksiat kepada Allah Swt dan Rasulallah Saw. 

Akhir Zaman juga dikaitkan dengan akan munculnya Dajal yang akan mempengaruhi ketaatan dan perbuatan seorang mukmin. Salah satu  fenomena yang muncul dewasa ini adalah memakan hak manusia yang lain tanpa merasa berdosa. 

Tentunya banyak sekali faktor orang untuk melakukan perbuatan tersebut, diantaranya adalah sbb:

Faktor pertama adalah kebiasaan. Kata pepatah orang bisa karena biasa. Sebagian orang memakan haknya orang lain karena sudah menjadi kebiasaan dia, karena sudah merasa nyaman dan tidak terkena sanksi secara langsung, baik sanksi dari Allah Swt secara langsung ( padahal Allah Maha Melihat segala sesuatunya dan pasti akan ada balasannya), dan atau sanksi hukum pidana, bahkan hukum sosial yang akan menghukumnya. 

Faktor kedua yang menyebabkan orang memakan hak orang lain adalah sifat yang menurun. Jika seorang pernah memakan hak orang lain dan memberi makan anak-anaknya dengan harta haram tersebut. maka bisa dipastikan anaknya akan mengikuti atau berdampak untuk melakukan perbuatan haram yang sama dengan orangtuanya atau bahkan lebih parah lagi. 

Seorang Syimir pembunuh Imam Husain As, dapat membunuh dengan keji cucu Rasulallah Swt tersebut, karena banyaknya makanan haram yang masuk dalam perutnya semenjak dia kecil dan sudah mendarah daging. 

Faktor ketiga orang yang memakan hak orang lain adalah faktor terpaksa. Banyak orang dalam kesusahan ekonomi dalam beberapa dekade ini, karena ada dorongan ekonomi yang kuat,entah itu dikarenakan memenuhi gaya hidupnya, atau keluarganya. 

Kadang orang malu untuk hidup sederhana, atau dilihat orang tidak mampu dia terpaksa berhutang sana-sini, renternir/ pinjol, pinjam bank yang akhirnya dia merasa terpuruk dan tertekan karena ketidak mampuannya untuk membayar cicilan bulanan sehingga dia berfikir untuk melakukan apa saja dan menghalalkan segala cara untuk menutupi cicilannya itu, sebagian orang bahkan ada yang bunuh diri karena tidak kuat menerima teror debcolector yang tiap saat dan tiap hari menagih hutang. 

Faktor keempat adalah faktor teman. Peri bahasa mengatakan: orang yang berteman dengan penjual minyak wangi akan berbau wangi dan orang yang berteman dengan penjual bawang  akan bau tidak sedap. Teman dan komunitas juga mempengaruhi sifat dan jiwa sesorang. Orangtua kita dan guru-guru selalu memperingatkan kita untuk memilih teman yang baik dalam pergaulan dan kehidupan sosial kita.

Itulah yang dinamakan kejadian-kejadian bejad, yang menunjukkan tanda-tanda akhir zaman. 


0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More