Selasa, 23 Mei 2023

Peternakan Kambing Susu Perah Mas Rizal Rakit

Susu kambing merupakan hasil produk utama dari ternak kambing perah, yang bisa menjadi sumber pendapatan baru dan cukup menjanjikan. Namun, tidak semua jenis kambing perah mampu menghasilkan susu secara rutin dan dalam jumlah banyak. Jenis kambing yang banyak digunakan adalah Peranakan Etawa (PE). Mas Rizal adalah salah satu peternak kambing susu perah di kecamatan Rakit Banjarnegara, mengatakan bahwa rataan produksi susu kambing sekitar 1 – 2 liter/ekor/hari.

Adanya peluang bisnis dari meningkatnya permintaan susu kambing dan harga susu kambing yang cukup tinggi menyebabkan banyak orang tertarik untuk membudidayakan kambing perah. Dalam merencanakan usaha ternak kambing perah penentuan skala usaha hendaknya diperhatikan dengan matang. Usaha ternak kambing perah dapat diusahakan dalam skala yang berbeda-beda. Ada yang berskala kecil, skala menengah serta ada yang berskala besar.

Semakin besar skala usaha, maka peternak semakin bisa menutupi biaya totalnya sehingga terhindar dari kerugian. Terlihat dari volume produksi aktual yang semakin jauh dari nilai BEP produksi. 








 

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More