Selasa, 02 Mei 2023

Seorang Berilmu Memiliki Keistimewaan Lebih Ketimbang Ahli Ibadah



Suatu ketika, Nabi Muhammad masuk ke dalam masjid. 

Diantara orang orang yang rame di dalam masjid itu ada yang asyik beribadah sholat, dan ada yang duduk melingkar berdiskusi dalam majelis ilmu. 

Nabi ternyata memilih ikut duduk dalam majelis ilmu. 

Begitu peduli dan perhatiannya Islam akan pentingnya ilmu pengetahuan, banyak ayat Al-Qur'an memberi dorongan dan motivasi agar seseorang mencintai ilmu, di antaranya ayat itu, "Samakah antara orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" (QS. Al-zumar: 9). 

Tak hanya itu, Al-Qur'an sendiri mengajarkan umat manusia berdoa kepada Tuhannya agar senantiasa ditambahkan ilmu pengetahuan, "Dan katakanlah, Ya Tuhanku, tambahkanlah pengetahuan kepadaku". 

Di ayat lain Allah juga berfirman, "Allah akan meninggikan orang-orang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat" (Al-Mujaadalah: 11)

Seorang berilmu memiliki keistimewaan lebih ketimbang ahli ibadah. Dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Nabi Sulaiman pernah diberi pilihan antara ilmu dan kekuasaan, lalu beliau memilih ilmu. Selanjutnya, Nabi Sulaiman diberi ilmu sekaligus kekuasaan."

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More