Selasa, 28 Maret 2023

Wisata Purbayasa Purbalingga - “Purbasari Pancuran Mas”












PURBALINGGA, Joglo Jateng – Berawal dari hobi mengoleksi air tawar, Sarimun Budi Purwanto berhasil membuat salah satu ikon wisata di Kabupaten Purbalingga. Yakni Taman Wisata Pendidikan (TWP) Purbasari Pancuran Mas (PPM).


Sesuai namanya, objek wisata yang terkenal dengan ikan raksasanya ini tidak hanya menyajikan wahana rekreasi sebagai daya tarik. Akan tetapi, juga edukasi bagi para pengunjung.


Objek wisata dengan luas wilayah ±7.500 m² tersebut memiliki filosofi tersendiri dalam penamaan tempat. Nama ‘Purba’ diambil dari desa di mana objek wisata tersebut berdiri. Yakni Desa Purbayasa. Kemudian ‘Sari’ memiliki arti kebaikan. Sedangkan ‘Pancuran Mas’ memiliki makna mendatangkan peluang emas.


Dirintis sejak 1993, TWP PPM tidak besar begitu saja. Sang pemilik mengawali pembangunan secara bertahap. Mulai dari pengumpulan berbagai jenis ikan air tawar berukuran kecil sampai yang berukuran jumbo. Usaha keras yang dilakoni akhirnya berbuah manis. Pada 2001, TWP PPM diresmikan oleh Bupati Purbalingga yang kala itu menjabat, yakni Bapak Triyono Budi Sasongko.


“Lingkungan geografis juga kebetulan mendukung untuk pembangunan lokasi objek wisata. Akan tetapi, yang paling penting dukungan dari keluarga, masyarakat, dan pemerintahlah yang jadi pemicu berdirinya objek wisata ini,” ungkapnya.


Tempat wisata yang kerap disebut River World tersebut memiliki visi dan misi yang cukup mulia. Mulai dari melestarikan lingkungan hidup, sarana pendidikan atau study banding bagi pelajar dan mahasiswa, hingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.


Pada awalnya, tempat wisata tersebut dikenal karena adanya ikan raksasa atau yang lebih dikenal dengan nama Arapaima Gigas. Berasal dari sungai di Amazon. Bahkan hingga saat ini, ‘Ikan Raksasa’ tersebut masih menjadi ikon di Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas.


Koleksi ikan di TWP PPM tidak hanya berasal dari nusantara. Tetapi juga mancanegara. Selain itu, pada setiap akuarium tertulis jenis dan nama latin dari ikan yang ada. Dengan demikian, para pengunjung dapat berekreasi sekaligus menambah wawasan.


Seiring berjalannya waktu, TWP PPM tidak hanya menyajikan berbagai jenis ikan. Akan tetapi juga berbagai jenis burung dan satwa lain. Sampai saat ini, objek wisata tersebut setidaknya memiliki koleksi 40 jenis spesies burung. Berasal dari nusantara maupun mancanegara.


TWP PPM mampu menampung hingga 40.000 pengunjung. Namun demikian, objek wisata ini juga tak luput dari dampak pandemi Covid-19. Sehingga mengharuskan pembatasan kapasitas maksimal hanya 30 persen dari maksimal pengunjung. Meski begitu, selama pandemi pihaknya masih belum menjumpai hari di mana 30 persen pengunjung memenuhi TWP PPM.


 Taman Wisata Pendidikan (TWP) Purbasari Pancuran Mas Purbalingga menawarkan rekreasi sekaligus edukasi. Slogannya ‘Ayo berwisata sambil bermain’. Tempat ini menjadi salah satu pemenang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2018 dari Kementerian Pariwisata.


Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas diresmikan tahun 2001. Awalnya, wisata ini terkenal karena ikan raksasa Arapaima Gigas dari sungai Amazon. Sampai saat ini “si besar yang lembut” ini masih menjadi ikon Taman Rekreasi ini.


Harga Tiket Masuk TWP Purbasari Pancuran Mas

Konsep “satu tiket untuk semua” dimaksudkan agar pengunjung leluasa mengakses seluruh wahana yang tersedia. Harga tiket masuk Rp25.000 berlaku mulai usia 3 (tiga) tahun.


Harga Tiket Masuk TWP Purbasari Pancuran Mas

Tiket Masuk Rp25.000


Informasi penting sebelum berkunjung ke Purbasari Pancuran Mas: 


Harga tiket masuk mendapat akses semua wahana kecuali Wisata Perahu dan Film 3D.

Purbasari Pancuran Mas buka untuk semua pengunjung dari berbagai daerah.

Jam Buka

Taman wisata ini dibuka setiap hari. Wisatawan bisa berkunjung mulai dari pagi hingga sore hari.

Jam Buka

Jam Buka 08.30 – 16.30 WIB


Wahana Wisata TWP Purbasari Pancuran Mas

Wisatawan yang berekreasi ke sini akan disuguhkan beragam aktivitas di berbagai wahana. Tidak saja wahana permainan air tetapi juga non-air serta aquarium. Berikut beberapa kegiatan wisata yang bisa dilakukan.


1. River World


Bagian ini menghadirkan berbagai jenis ikan air tawar dari berbagai belahan dunia. Koleksinya sekitar 200 jenis ikan. Bagian ini banyak digunakan sebagai sarana belajar dan potensi riset bagi pelajar maupun Mahasiswa. Beberapa jenis ikan di dalamnya yaitu Arapaima Gigas, Piranha, dan Aba-Aba Amazone.


2. Wisata Air Telaga Fulus

Wisatawan dapat menikmati Telaga  Fulus dengan sepeda air, perahu dayung, kano dan speed boat. Wahana-wahana ini telah diuji keamanannya serta dijaga oleh petugas keamanan yang terlatih.


3. Konservasi Rusa Purbasari Pancuran Mas

Wisatawan dapat menikmati indahnya pesona hewan Rusa di Konservasi Rusa Purbasari Pancuran Mas. Konservasi ini juga terus dikembangkan oleh pengelola.


4. Water Boom & Kolam Renang


Wahana ini memiliki banyak peminat. Tempatnya menyediakan berbagai macam kolam renang yang aman bagi semua usia. Terdapat kolam anak-anak, kolam dewasa serta Water Boom dengan panjang lintasan 70 m. Di area ini juga telah disediakan gazebo-gazebo yang asri untuk beristirahat dan bersantai pengunjung.


5. Diorama Satwa Purbasari Pancuran Mas

Diorama satwa berisikan satwa-satwa yang telah diawetkan. Satwa awetan berasal dari koleksi taman yang telah mati karena sebab-sebab alamiah. Ada pula yang merupakan hibah masyarakat.


Ragam satwa awetan yang dimiliki yaitu Arapaima Gigas, Penyu berukuran besar, ikan buntal, Berang-berang , Musang, Tupai pohon, biawak dll. Di sini pelajar dapat mengamati satwa-satwa tersebut dari jarak dekat sehingga pengamatan lebih detail.


Hal tersebut memberi keuntungan dibandingkan pengamatan ketika satwa-satwa tersebut masih hidup. Karena saat hidup, biasanya satwa berada dalam kandang atau shelter tertutup. Kondisi tersebut tidak memungkinkan karena agresivitas dan kemungkinan akan menyebabkan satwa ketakutan.


6. Planet Aquarium Toyoshuka


Aquarium ini merupakan wahana baru Purbasari Pancuran Mas. Aquarium Toyoshuka menyuguhkan pesona akuarium 25 meter x 15 meter dengan ketinggian 8 meter. Bangunan terkenal dunia juga bisa dinikmati dalam bentuk mini di Aquarium Toyoshuka.


7. Taman Bermain

Disini tersedia berbagai macam arena bermain untuk anak-anak beserta keluarga wisatawan semua. Antara lain Sepeda Wisata, perosotan, jungkat-jungkit, dan ayunan,


8. Istana Burung


Istana Burung menyuguhkan daya tarik unggas/burung lokal maupun mancanegara. Lebih dari 75 jenis burung eksotis dan langka dari sejumlah negara hadir disini. Mulai dari Merak, Elang laut, Sedirit Sanghie sampai Lady Peasant.


Fasilitas TWP Purbasari Pancuran Mas

Berbagai fasilitas tersedia di taman wisata pendidikan ini. Tujuannya agar wisatawan semakin nyaman menghabiskan waktu rekreasi dan liburan. Fasilitas umum seperti musala, toilet dan gerai cenderamata, selain itu berikut beberapa fasilitas lainnya:


Homestay

Dengan tarif Rp 325.000, Homestay Kraca Bungur dilengkapi AC, LD TV, kamar mandi dalam, springbed queen size. Disediakan makan satu kali untuk dua orang, dan meeting hall. Menariknya, tamu homestay mendapatkan gratis wisata di Purbasari.


Camping Ground

Fasilitas penginapan ini disediakan bagi yang menyukai sensasi petualangan. Dilengkapi tenda besar lengkap dengan tempat tidur, welcome drink, makan satu kali, serta gratis tiket wisata. Kapasitasnya yang cukup untuk 20 orang per tenda, sangat cocok untuk keluarga. Dengan pemesanan minimal 20 orang, tarif pe orang Rp 20.000.


Night New Purbasari

Ini merupakan daya tarik wisata malam yang memberikan sensasi tersediri. Wisatawan dapat menikmati beraneka wahana dengan sorotan lampu warna-warni. Pada paket wisata ini, juga akan disuguhkan seni Lengger khas Banyumasan serta menikmati makan malam.


Lokasi TWP Purbasari Pancuran Mas

Taman Wisata Pendidikan ini berada di Purbayasa, Padamara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53372. Informasi lebih lanjut silakan meghubungi Telp. 0281 6598555 /  Fax. (0281) 6598666 (pada jam kerja (08.30 – 16.30) atau Hotline Humas 0821 3324 5665. Email: marketing.purbasaripancuranmas@yahoo.com dan media sosial Instagram @purbasari_pancuran_mas_new.





0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More