Jumat, 07 April 2023

Ibu adalah Jalanmu Menuju Keridhoan Illahi

 


Mari kita bayangkan sejenak. Seorang istri menikah dengan suaminya. Lalu kemudian dia mengandung dan melahirkan. 1 anak. 2 anak. 3 anak. Dan seterusnya.

Tugas istri yang mempunyai anak ini adalah menjadi seorang ibu… mengurus anak anaknya, memasak untuk mereka, mendidik mereka, dan merawat mereka. Hal ini dilakukan ibu dengan senang hati dalam menjalani hari harinya. Karena ini lah peran seorang ibu.

Begitu juga si suami yang akhirnya menjadi ayah. Perannya adalah bekerja, membanting tulang dan mencari nafkah untuk anak anak dan istrinya. Untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Hal ini dilakukan dengan senang hati dalam menjalani hari harinya. Karena ini lah peran seorang ayah.

Mari kita bayangkan kembali.

Anak anak yang selama ini telah dirawat oleh ayah dan ibu tadi telah tumbuh dewasa. Mereka pun menemukan kehidupannya masing masing. Mereka pun menikah dan memiliki keluarga masing masing. Tentu keadaan ekonomi anak anak ini juga tidak sama. Ada yang berlebih, ada juga tentunya yang hidupnya pas pasan.

Mengapa anak anak tersebut tidak mampu merawat 1 ibu mereka?

Jawabannya adalah, karena mereka juga sudah memiliki kehidupannya masing masing… mereka mempunyai perannya masing masing dengan menjadi ayah dan ibu juga dari anak anak mereka.

Ketidak mampuan mereka bisa jadi oleh berbagai faktor

  • Keadaan ekonomi anak yang memang juga susah, sehingga dia berfikir, alangkah lebih baik ibu tinggal dengan anak yang lain saja yang hidupnya lebih berkecukupan.
  • Faktor pasangan dari sang anak tersebut. Bisa jadi pasangannya keberatan jika harus tinggal serumah dengan mertua.
  • Faktor didikan dari ibu sendiri saat anak anaknya masih kecil. Jika ibu mengajarkan kasih sayang dan cara berbakti pada orang tua, maka anak pun saat dewasa akan dengan senang hati merawat orang tuanya. Namun jika ibu saat anak anaknya masih kecil ia mendidiknya dengan hardikan, cacian, makian, kemarahan dan kebencian, bisa jadi saat dewasa anak juga kurang berbakti kepada orang tua nya dan tidak mau merawatnya
  • Faktor jarak. Bisa jadi sang anak yang telah dewasa ini merantau ke kota yang jauh. Dan biasanya ibu / orang tua tidak mau pindah dari kampung halamannya.
  • Memang sang ibu / orang tua sendiri yang tidak mau dirawat oleh anak anaknya karena tidak ingin menjadi beban anak anaknya.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More