Rabu, 12 April 2023

Rintangan Terberat di Akhirat adalah Kezaliman

 


Suatu hari, Nabi saw berbincang dengan para sahabatnya. Beliau bersabda, "Di antara surga dan seorang hamba terdapat tujuh rintangan, dan kematian merupakan yang paling ringan di antara rintangan lainnya."

Anas bertanya, "Ya Rasulullah, Apa yang terberat di antara rintangan-rintangan itu?"

Beliau saw menjawab, "Berdiri di hadapan Allah, jika orang-orang yang terzalimi masih memiliki urusan kepada orang-orang yang zalim."

Kezaliman dalam bentuk apapun. 

Sebagian orang berpikir bahwa yang dimaksud orang-orang zalim itu hanya penguasa zalim terhadap orang lain.

Tidak! Anda termasuk orang zalim ketika anda menzalimi anak dan istri anda. Atau istri ketika menzalimi suaminya atau pembantu yang bekerja di rumahnya. Itu juga kezaliman.

Orang-orang yang terzalimi ini, di hari Kiamat, akan menuntut hak-hak nya di hadapan Allah swt dari orang yg zalim. 

Diriwayatkan dari Imam Ja'far As-Shadiq, beliau berkata saat menafsirkan Firman Allah "Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar mengawasi." [QS Al-Fajr: 14] ... beliau berkata, "Lengkungan di atas Shirath yang tidak bisa dilalui oleh hamba yang membawa kezaliman."

Membawa kezaliman apapun, baik besar maupun kecil, maka dia sama sekali tidak akan bisa melewati rintangan itu.

Kecuali jika pemilik hak telah mengambil haknya kembali darinya.

Diriwayatkan juga dari Amiril Mukminin Ali as, beliau berkata, "Allah swt berfirman: 'Demi keagungan dan kemuliaan-Ku. Tidak akan lolos dari-Ku kezaliman orang yang zalim."

Maka manusia harus senantiasa berhati-hati dan waspada jangan sampai ia menzalimi seseorang dan melakukan pelanggaran terhadap hak seseorang, baik terhadap hak materi ataupun hak maknawi.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More