Minggu, 14 Mei 2023

Jaminan Rezeki dari Allah SWT

 


Dalam al Quran surah an-Naml ayat 17 sd 19 Allah berkisah ttg bagaimana Nabi Sulaiman as tersenyum saat mendengar himbauan semut kpd teman2nya agar mereka masuk k dalam rumahnya masing2. Tujuan dari himbauan itu agar mereka selamat dari injakan pasukan Sulaiman yg gagah perkasa yg terdiri dari manusia jin dan bahkan binatang2 lainnya. 

Alkisah, saat Nabi Sulaiman as sedang berdiri di tepi laut, ia melihat seekor semut sedang berdiam di sebuah batu kecil tepi pantai sambil membawa sebutir gandum. Tiba2 seekor katak muncul. Ia mengulurkan lidahnya ke arah semut dan semutpun berjalan lalu masuk k dalamnya. Katak lompat berenang dan menyelam. 

Sulaiman lama terdiam. Tiba2 si katak muncul kembali. Tak lama kemudian semut pun keluar. Tapi anehnya biji gandum yg tadi dibawanya kini sdh tiada. 

Sulaiman tanya kpd semut kemana ia pergi dan mana biji gandumnya. Semut bercerita bhw di dasar laut ini ada serangga yg terjebak di sela2 batu. Aku diperintahkan oleh Allah untuk membawakan rizkinya. Dan si katak ini jg diperintahkan oleh Allah untuk menghantarku ke celah2 batu di dasar laut ini. 

Sulaiman bertanya, apakah kau dengar sesuatu yg dikatakan oleh si serangga yg malang itu? Semut mengiyakan. Aku dengar serangga itu berkata, "Duhai Tuhan yg tidak lupa akan rizki hambaMu dalam celah2 batu di kedalaman dasar laut sep ini. Mana mgkin Kau akan lupa rizki hamba2Mu yg beriman padaMu yg ada di muka bumi."

Sulaiman terharu. Ia mengangkat tangan berdoa " Rabbi auzi'ni an asykuro ni'matakal lati an'amta 'alayya wa 'ala walidayya wa an a'mala solihan tardhohu.." (Tuhanku, anugerahkan aku bisa selalu bersyukur akan nikmatMu padaku dan kepada kedua org tuaku; dan anugerahkan aku bisa beramal soleh yg Kau ridhai…)

Dalam kondisi apapun engkau, selalu jaga sangka baikmu (husnu zan) pada Allah. Selalu dan selamanya. Always and Forever.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More