Minggu, 14 Mei 2023

Menyembunyikan Keburukan Dengan Penampakan Yang Berlebihan



 Pernah ada seorang suami saat pulang ke rumah didapatinya istrinya sedang menangis. Ditanya kenapa sebabnya. Sang istri bilang, dia melihat ada burung bertengger di atas pohon sebelah rumah. Burung itu melihatnya saat dia buka hijabnya. "Aku telah berbuat dosa karena wajahku dilihat oleh burung itu", begitu tangisnya di hadapan sang suami. Sang suami terharu melihat kesalehan istrinya.  Besoknya dia tebang pohon itu agar burung2 tidak lagi bisa melihat wajah wanita salehah yg lengkap dengan niqab atau cadar ini. 

Beberapa hari kemudian ketika sang suami iseng2 buka hp sang istri, dilihatnya ada chating mesum antara dia dengan lelaki lain yg dikenalnya. Bahkan terselip di sana foto2 yg tidak pantas. Suami kaget luar biasa. Astaghfirullaah wa atuubu ilaih. Begitu gumamnya berkali2 dengan keadaan hatinya yg remuk. 

Suami pergi meninggalkan rumah. Ia linglung dan bingung mau pergi kemana? Mosok iya istriku yg lengkap berbusana shareah dengan warna gelap selingkuh dan khianat kepadaku. Ya Allah, mohon petunjukMu dan bimbinganMu. Begitu desahan suara hati laki2 yg malang ini. 

Tak lama berselang dilihatnya ada kerumunan org sedang berkumpul di sebuah kedai kopi. Wajah2 mereka tampak cemas. Mereka sedang membicarakan sebuah berita besar, simpanan emas seorg saudagar besar seberat 10 kg hilang. Sampai saat itu belum ditemukan siapa pencurinya. Bahkan polisi pun belum bisa menemukan jejaknya.

Tiba2 ada satu orang lelaki yg menarik perhatian lewat di sekitar mereka. Ia berjubah tinggi, berjanggut lebat tanpa kumis dan lebih banyak memandang ke bawah. Ia dikenal sakti dan saleh. Lebih hebat lagi dia tidak berjalan normal sep layaknya manusia biasa. Ia hanya bertumpu dengan ujung kakinya dan berjalan sangat hati2. 

Laki2 ini bertanya kenapa org ini berjalan "segitunya"? "Konon dia takut menginjak makhluk2 Allah yg kecil dan halus yg dilaluinya." Begitu jawab teman2 di kedai. 

Laki2 ini langsung menarik nafasnya dalam2. "Aku tahu siapa yg mencuri emas itu." Katanya kepada org2 sekitarnya. 

Ia melaporkan kepada polisi dan si saudagar bhw pencuri emas itu adalah org "sakti" ini. 

Setelah dipanggil dan diintrogasi akhirnya org sakti ini mengakui bhw dialah sang pencuri. 

Saudagar ini bertanya kpd laki2 ini dari mana dia tahu bahwa si "sakti" itu yg mencuri? Dia bilang, "ketika cara berlebih2an tampak pada prilaku seseorg ketahuilah bahwa sesungguhnya ia tengah menyembunyikan sesuatu yg buruk yg ada dalam dirinya."

Wasatiyah (tengah2 / tidak ekstrem) atau moderat adalah cara beragama Islam Muhammad shallallaahu 'alaihi wa aalhii wa sallam.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More