Selasa, 04 April 2023

Apa Itu Pencak Silat?

 Ada beberapa versi pengertian dari pencak silat itu sendiri. Penjelasan pertama tentang pencak silat yang pertama adalah terdiri dari dua kata penyusun. Pencak memiliki arti gerak dasar beladiri yang didalamnya terdapat peraturan. Sementara itu, untuk silat bisa diartikan sebagai gerakan bela diri yang paripurna serta bersumber dari ruhani.


Sedangkan untuk pengertian pencak silat yang kedua adalah dari pendapat Thomas A. Green yang dituliskannya pada buku yang berjudul Martial Arts of the World: An Encyclopedia of History and Innovation Martial Arts of the World: An Encyclopedia of History and Innovation. Menurutnya, pencak lebih kerap digunakan pada pulau Jawa khususnya bagian tengah dan timur. Lalu, untuk kata silat digunakan pada daerah Sumatera, Semenanjung Malaya dan Kalimantan.


Seiring perkembangannya, terbentuklah definisi baru dari seni bela diri ini yang dimana menurut Green, pencak digunakan untuk mengunggulkan unsur seni dan keindahan gerakan. Sedangkan untuk silat adalah inti ajaran bela diri dalam sebuah pertarungan tertentu.


Pencak silat juga merupakan hasil buaya Indonesia dalam memberikan pertahanan ekstensi dan integritasnya.


Lalu, jika dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pencak silat merupakan permainan atau keahlian dalam mempertahankan diri serta keahlian menangkis, menyerang dan juga membela diri menggunakan maupun tidak menggunakan senjata.


Seorang ahli bernama Boechori Ahmad menjelaskan jika pencak adalah fitrah manusia dalam melakukan pertahanan atau membela diri. Sedangkan untuk silat sendiri menjadi bagian unsur yang menghubungkan gerakan dan pikiran.


Saat ini, keberadaan seni bela diri pencak silat juga sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya Nusantara.


0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More