Senin, 24 April 2023

Cinta adalah Pemberian Allah SWT

Cinta Kepada Allah Paling Utama - Jaringan Santri

   Cinta adalah misteri yang tak terpecahkan.  Banyak orang salah kaprah, dia menganggap cinta itu bersumber dari dirinya, sebab-sebab munculnya rasa cinta itu ada padanya. Padahal cinta itu adalah pemberian Sang Maha Kuasa.
Sebesar apapun usaha kita untuk menumbuhkan kecintaan orang lain kepada kita, tidak akan berhasil selama Allah masih belum membuka hatinya.
Ingatkah kita dengan kisah bayi Musa as. Setelah Fir’aun membunuh 20.000 bayi laki-laki, tiba-tiba ada seorang bayi lelaki yang hanyut disungai dan melewati istana megahnya. Saat itu pula tumbuh rasa cinta dalam hati Fir’aun beserta istrinya  kepada bayi ini.
وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّي
“Dan Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku.” (QS.Thaha:39)
Jika Allah berkehendak maka hati yang keras bisa berubah menjadi lembut dan penyayang. Hati yang  penuh benci seketika berubah menjadi penuh cinta.
وَاعْلَمُواْ أَنَّ الله يَحُولُ بَيْنَ المرء وَقَلْبِه
“Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya.” (QS.al-Anfal:24)
Begitulah Allah mengalihkan hati Fir’aun dan menanamkan kecintaan pada bayi Musa. Padahal diriwayatkan bahwa bayi itu adalah bayi yang biasa seperti yang lainnya. Tidak ada sesuatu yang membuatnya menarik dibanding yang lainnya. Tapi jika Allah berkehendak, tidak perlu lagi dengan sebab kecantikan, ketampanan, kekayaan atau yang lainnya untuk tumbuhnya rasa cinta.
Karena itu ketika berbicara tentang cinta, Al-Qur’an selalu menisbatkannya kepada Allah.
وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً
“Dan dijadikan-Nya di antaramu mawadah dan rahmah.” (QS.ar-Rum-21)
إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ سَيَجْعَلُ لَهُمُ الرَّحْمَٰنُ وُدًّا
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang.” (QS.Thaha:96)
Kalimat (جَعَلَ) dalam kedua ayat ini menunjukkan bahwa cinta adalah pemberian Allah Subhanahu wa Ta’ala.

 *******************

Tanda2 orang jatuh cinta adalah, selalu membicarakan nama yg ia cintai. Nama yg ia cintai selalu terucap dari bibir sang pencinta.
Nabi Musa as pernah berbicara kpd Tuhan,
"Ya Allah apakah Engkau dekat dariku sehingga jika diriku mempunyai kekhawatiran ttg sesuatu, memanggilmu cukup hanya berbisik?
Ataukah Engkau sedang jauh dariku sehingga diriku harus bertereak meminta padaMu wahai Tuhanku?"
Allah menjawab kpd Musa dgn berkata,
'Aku "Aljalis" (duduk) di sampingmu wahai Musa, (secara metaforis) di saat kau ingat padaKu. Di saat itu wahai Musa, anda bebas meminta padaKu dan dgn terkabulnya doamu akanKu buktikan dgn rasa ketenangan pada dirimu.'
Manusia selalu mengejar hal2 yg sifatnya sementara di dunia sedangkan hanya Tuhan Dzat kebahagiaan yg tak terbatas dalam jiwa setiap manusia.
..Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” .
(Qs. ar-Ra’du: 28)

 

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More