Senin, 24 April 2023

Kikir dan Dermawan

Kemurahan Hati dan Sikap Dermawan dalam Kajian Tasawuf | NU Online

 Salah satu penyakit hati yang akan merusak jiwa manusia adalah penyakit kikir. Kikir adalah sifat yang akan mencegah manusia untuk membantu dan berkorban untuk orang lain, orang yang kikir pada  hakekatnya telah menjauhkan rahmat Allah dari dirinya dan menjadikan dirinya dibenci oleh-Nya dan masyarakat, dan sebagai balasannya Allah telah menyiapkan azab yang pedih baginya kelak di hari pembalasan.

 Sifat kikir akan muncul ketika manusia terlalu cinta kepada dunia dan terlalu takut kepada kefakiran. Allah sudah berjanji bahwa barang siapa yang berinfak dijalan-Nya maka  diri-Nya akan menambahkan rahmat kepadanya, maka dari itu tidak ada alasan bagi manusia untuk bersifat kikir kepada orang lain. Manusia tidak boleh terlalu khawatir terhadap nasibnya ketika ia mengamalkan perintah Allah,sebab Allah pasti akan membantu hamba-Nya yang taat ketika  menghadapi problem kehidupan.

Salah satu faktor munculnya sifat kikir dalam diri manusia adalah pandangan yang keliru tentang Dunia dimana Dunia dijadikan tujuan hidup.Orang yang menjadi hamba Dunia sudah pasti akan merasa berat untuk mengeluarkan hartanya guna membantu orang lain, sebab ia berfikir bahwa mengeluarkan harta untuk orang lain akan membuat nasibnya buruk..Rasulullah dengan jelas menyampaikan dampak negatif dari sifat kikir yaitu jauh dari rahmat Allah dan akan masuk Neraka, dan bukan hanya itu saja orang yang kikir juga akan dijauhi oleh manusia.

 Dermawan adalah satu sifat yang sangat mulia dimana sifat ini merupakan salah satu ciri orang yang beriman, sifat dermawan juga bentuk rasa syukur hamba atas nikmat yang telah ia dapat dari Tuhan dengan cara memperhatikan orang-orang yang fakir. Dan orang yang dermawan adalah orang yang mampu mewujudkan keseimbangan pada dirinya dengan cara membebaskan diri dari keterikatan kepada dunia. 

Dermawan adalah sifat yang menjadikan seorang hamba dicintai dan mulia di sisi Allah dan makhluk. Dermawan adalah sifat yang merubah permusuhan menjadi persahabatan dan merubah kebencian menjadi rasa cinta. Orang yang dermawan maka pada hakekatnya dia telah memanfaatkan karunia Allah tepat pada sasaran.

Menjadi orang dermawan merupakan idaman setiap manusia yang berakal dan berikut ini hal-hal yang akan menjadikan manusia memiliki sifat mulia ini:
1.Pandanglah Dunia sebagi alam pengumpulan bekal untuk alam Akhirat.
2.Orang akan bahagia dalam  hidupnya ketika bisa berbagi dengan orang lain.
3.Dermawan akan mengangkat kedudukan hamba di sisi Allah.
 

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More