Minggu, 23 April 2023

Suami Melayani Keluarganya

 



     _عن عَلِيٍّ(ع) قَالَ دَخَلَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ ص وَ فَاطِمَةُ جَالِسَةٌ عِنْدَ الْقِدْرِ وَ أَنَا أُنَقِّي الْعَدَسَ قَال_َ
          *يَا أَبَا الْحَسَنِ*    
     _قُلْتُ لَبَّيْكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ_
       *اسْمَعْ مِنِّي وَ مَا أَقُولُ إِلَّا مَنْ أَمَرَ رَبِّي مَا مِنْ رَجُلٍ يُعِينُ امْرَأَتَهُ فِي بَيْتِهَا إِلَّا كَانَ لَهُ بِكُلِّ شَعْرَةٍ عَلَى بَدَنِهِ عِبَادَةُ سَنَةٍ- صِيَامٍ نَهَارُهَا وَ قِيَامٍ لَيْلُهَا وَ أَعْطَاهُ اللَّهُ تَعَالَى مِنَ الثَّوَابِ مِثْلَ مَا أَعْطَاهُ اللَّهُ الصَّابِرِينَ وَ دَاوُدَ النَّبِيَّ وَ يَعْقُوبَ وَ عِيسَى ع يَا عَلِيُّ مَنْ كَانَ فِي خِدْمَةِ الْعِيَالِ فِي الْبَيْتِ وَ لَمْ يَأْنَفْ كَتَبَ اللَّهُ تَعَالَى اسْمَهُ فِي دِيوَانِ الشُّهَدَاءِ وَ كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِكُلِّ يَوْمٍ وَ لَيْلَةٍ ثَوَابَ أَلْفِ شَهِيدٍ وَ كَتَبَ لَهُ بِكُلِّ قَدَمٍ ثَوَابَ حِجَّةٍ وَ عُمْرَةٍ- وَ أَعْطَاهُ اللَّهُ تَعَالَى بِكُلِّ عِرْقٍ فِي جَسَدِهِ مَدِينَةً فِي الْجَنَّةِ يَا عَلِيُّ سَاعَةٌ فِي خِدْمَةِ الْعِيَالِ خَيْرٌ مِنْ عِبَادَةِ أَلْفِ سَنَةٍ وَ أَلْفِ حَجٍّ وَ أَلْفِ عُمْرَةٍ وَ خَيْرٌ مِنْ عِتْقِ أَلْفِ رَقَبَةٍ وَ أَلْفِ غَزْوَةٍ وَ أَلْفِ عِيَادَةِ مَرِيضٍ وَ أَلْفِ جُمُعَةٍ وَ أَلْفِ جَنَازَةٍ وَ أَلْفِ جَائِعٍ يُشْبِعُهُمْ وَ أَلْفِ عَارٍ يَكْسُوهُمْ وَ أَلْفِ فَرَسٍ يُوَجِّهُهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَلْفِ دِينَارٍ يَتَصَدَّقُ عَلَى الْمَسَاكِينِ وَ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَقْرَأَ التَّوْرَاةَ وَ الْإِنْجِيلَ وَ الزَّبُورَ وَ الْفُرْقَانَ وَ مِنْ أَلْفِ أَسِيرٍ أَسَرَ فَأَعْتَقَهَا وَ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَلْفِ بَدَنَةٍ يُعْطِي لِلْمَسَاكِينِ وَ لَا يَخْرُجُ مِنَ الدُّنْيَا حَتَّى يَرَى مَكَانَهُ مِنَ الْجَنَّةِ يَا عَلِيُّ مَنْ لَمْ يَأْنَفْ مِنْ خِدْمَةِ الْعِيَالِ دَخَلَ الْجَنَّةَ بِغَيْرِ حِسَابٍ يَا عَلِيُّ خِدْمَةُ الْعِيَالِ كَفَّارَةٌ لِلْكَبَائِرِ- وَ يُطْفِئُ غَضَبَ الرَّبِّ وَ مُهُورُ حُورِ الْعِينِ وَ يَزِيدُ فِي الْحَسَنَاتِ وَ الدَّرَجَاتِ- يَا عَلِيُّ لَا يَخْدُمُ الْعِيَالَ إِلَّا صِدِّيقٌ أَوْ شَهِيدٌ أَوْ رَجُلٌ يُرِيدُ اللَّهُ بِهِ خَيْرَ الدُّنْيَا وَ الْآخِرَه
.

  Suami Melayani Keluarganya
       _(nilainya 1000 kali lebih baik...)_ 


         “Telah datang  kepada kami Rasulullah SAW dan Fathimah Az-Zahra as sedang duduk di samping periuk sementara aku tengah memilah-milah kacang-kacangan (adas) dan beliau bersabda, “Wahai Abal Hasan!”,   “Labbaik Yaa Rasulullah.”* Jawabku.


       Beliau kembali bersabda, “Dengarkan ucapanku, dan ketahuilah tidak ada yang aku katakan melainkan perintah Tuhan. Tidaklah seorang laki-laki yang membantu istrinya di rumah melainkan baginya dari setiap rambut di tubuhnya adalah ibadah setahun, yang siangnya puasa dan malamnya shalat. Dan Allah SWT pasti akan memberikan pahala seperti pahala orang-orang sabar,  seperti Nabi Daud A.s., Nabi Ya’kub A.s. dan Nabi  Isa As.  

Wahai Ali, barangsiapa yang melayani keluarganya di rumah dan dengan senang hati, maka pasti Allah SWT akan menulis namanya di Diwan para syuhada, dan Allah akan menulis baginya di setiap siang dan malamnya pahala seribu syuhada, Dia menulis baginya di setiap langkahnya pahala haji dan umroh, dan Dia memberikan kepadanya dengan setiap tetesan keringatnya kota di surga. 

Wahai Ali, melayani keluarga selama satu jam lebih baik dari ibadah seribu tahun, seribu haji dan seribu umroh, dan lebih baik dari membebaskan seribu budak, seribu perang*  fisabilillah *dan seribu menjenguk orang sakit. Lebih baik dari seribu Jumatan, seribu kali mengantar jenazah, seribu orang lapar dan mereka kenyangkan, seribu orang telanjang dan mereka berikan pakaian, seribu kuda yang diarahkan pada jihad di jalan Allah. Dan lebih baik dari sedekah seribu Dinar kepada orang miskin, lebih baik dari membaca Taurat, Zabur, Injil, dan Furqan. Dan lebih baik dari seribu tawanan yang ia bebaskan, baginya pahala lebih daripada seribu unta yang diberikan kepada orang miskin, dan dia tidak meninggalkan dunia sampai dia melihat tempatnya di surga. 

Wahai Ali, barang siapa yang tidak enggan dari melayani keluarganya akan masuk surga tanpa hisab. Wahai Ali, melayani keluarga akan menebus dosa-dosa besar, dan memadamkan kemurkaan Allah, dan memperbanyak kebaikan dan menaikan derajat. 

Wahai Ali, tidaklah seseorang melayani keluarganya melainkan orang yang benar, orang yang syahid dan seorang laki-laki yang menghendaki kebaikan dunia dan akhirat.”

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More