Sabtu, 15 April 2023

Cara Berpikir Positif agar Hidup Semakin Bahagia dan Bermakna

Merdeka.com - Setiap orang tentu akan selalu berusaha mewujudkan impian serta cita-cita selama hidupnya. Apapun dilakukan semata-mata untuk meraih atau mencapai kebahagiaan.


Namun, tak jarang kenyataan berbeda dengan apa yang selama ini diharapkan. Kondisi inilah yang terkadang membuat pikiran-pikiran negatif dan memicu terjadinya stres.


Pikiran-pikiran negatif yang sering muncul dapat menyebabkan seseorang menjadi cemas, stres, bahkan mengalami depresi obsesif. Hal ini terjadi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pola pikir yang selalu negatif terhadap diri sendiri, dan lingkungan sekitar. Kondisi tersebut jika dibiarkan terus berlanjut, maka tidak menutup kemungkinan menyebabkan seseorang mengalami gangguan mental.


Banyak kasus stres terjadi akibat pikiran-pikiran negatif yang sering kali muncul setelah mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, berpikir positif diperlukan untuk menghindari gangguan mental yang bisa terjadi. Pasalnya, berpikir positif dapat memberi pengaruh baik untuk keadaan psikologis.


Berpikir positif dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa pola dan strategi khusus yang mampu mengubah persepsi seseorang. Berikut ini beberapa cara berpikir positif agar hidup Anda semakin bahagia dan bermakna.


1. Selalu Bersyukur

Sudah kita ketahui bersama bahwa manusia di dunia tentu tidak akan pernah lepas dari permasalahan hidup. Hampir dapat dipastikan setiap orang memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Hal inilah yang kemudian harus disadari bahwa kita tidak hidup sendiri dan masih banyak orang di luar sana yang mengalami masalah lebih besar.


Salah satu puncak kebahagiaan ialah ketika seseorang mampu bersyukur dengan apa yang dimiliki. Selalu percaya bahwa semua masalah yang kita hadapi sekarang adalah upaya mendewasakan diri agar ke depan dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu, masih banyak hal di dunia ini yang patut kita syukuri seperti memiliki sahabat, keluarga, dan pekerjaan.


Di samping itu, mengingat-ingat semua kebaikan yang pernah kita lakukan juga dapat mengubah presepsi kita agar terus bersyukur. Dengan begitu, pikiran serta hati kita akan jauh lebih tenang dan tentram.


2. Selalu Mengingat Hal-hal Baik


Setiap orang dapat dipastikan selama hidupnya pernah melakukan hal-hal yang baik. Mengingat-ingat kembali peristiwa atau kebaikan yang pernah kita lakukan, bisa membuat diri kita lebih bisa bersyukur.


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa perubahan kecil dalam berpikir dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengatur perasaan dan perilaku ketika berada dalam tekanan.


Di samping itu, menghindari untuk selalu menyalahkan diri sendiri juga dapat membantu memperbaiki cara pandang kita terhadap segala sesuatu. Dengan begitu, pikiran dan hati kita akan jauh lebih tenang saat menghadapi berbagai persoalan yang sedang kita hadapi.


3. Membiasakan untuk Selalu Tersenyum


Cara berpikir positif berikutnya yaitu membiasakan diri untuk selalu tersenyum. Banyak penelitian menunjukkan bahwa tersenyum dapat memberi efek positif ketika menjalani kehidupan sehari-hari. Selain itu, tersenyum juga mampu menetralisir segala ketegangan ketika berada dalam tekanan.


Selain itu, membiasakan diri untuk selalu tersenyum dan menghadapi segala sesuatu dengan tenang bisa menurunkan stres, kecemasan, dan depresi. Tersenyum juga mampu meningkatkan suasana hati dan membuat beban akan semakin berkurang.


4. Meningkatkan Optimisme


Meningkatkan optimisme merupakan salah satu cara berpikir positif paling efektif. Ketika memiliki rasa optimis tinggi makan kita menjadi pribadi yang tidak takut gagal saat akan melakukan berbuat sesuatu.


Selain itu, seseorang yang memiliki rasa optimis juga cenderung akan siap dengan segala risiko yang bisa terjadi, sehingga akan membuat kita jauh lebih tenang saat menghadapi segala sesuatu dan menghindarkan diri dari stres.


5. Menumbuhkan Kesadaran Setiap Orang Memiliki Kelebihan


Sudah kita ketahui bersama bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ketika kita sedang dihadapkan dengan berbagai persoalan, yang harus kita lakukan ialah selalu mengambil atau melihat sisi baiknya. Usahakan untuk selalu menghindari untuk mencari kesalahan orang lain, dengan begitu, akan melatih pikiran kita menjadi lebih positif.


6. Lihat sisi baik dari masalah


Saat mendapatkan masalah, jangan langsung melihatnya dari sisi negatif. Apalagi masalah ini mau tak mau akan datang tanpa kita perhitungkan. Jika kita terus menghadapinya dengan pemikiran negatif, tentunya masalah tidak akan pernah selesai. Makanya, mulai sekarang cobalah melihat sisi baik dari masalah yang datang dalam hidup. 


Misalnya, pada saat teman membatalkan janji tiba-tiba, coba lihat dari sisi baiknya. Kamu jadi bisa memiliki waktu luang untuk beristirahat, melakukan hobi, atau berkumpul dengan keluarga di rumah. Daripada merasa kecewa dan merasa kesal, cobalah fokus pada sisi positifnya.


7. Berbuat baik kepada orang lain

Salah satu cara membuka pikiran kita terhadap orang lain adalah dengan berbuat baik. Kadang, kita sering menghakimi orang berdasarkan penampilannya saja dan langsung berfikiran negatif. Padahal, kita belum tentu tahu apa yang ada di dalam hatinya. Karena itu, cobalah berbuat baik kepada orang lain. Selain membuat kita mengubah pikiran menjadi lebih positif, kita bisa membuat diri merasa lebih baik.


8. Kelilingi diri dengan orang-orang positif

Bukan hanya dari diri sendiri, ternyata orang-orang sekitar kita juga bisa berpengaruh pada cara berpikir kita. Karenanya, untuk mendapatkan pemikiran yang lebih positif, sebaiknya kelilingi diri dengan orang-orang positif. Hal positif pun akan menular dari circle baru ini. Berada di sekitar orang-orang positif terbukti dapat meningkatkan peluang mencapai tujuan, bahkan mengubah cara kita melihat diri sendiri menjadi lebih baik. Yuk, mulai kelilingi diri dengan orang-orang positif!


9. Olahraga dan berisitrahat 

Hidup tak hanya soal belajar dan bekerja. Sisakan waktu untuk olahraga dan beristirahat. Manfaatkan waktu ini untuk recharge diri sehingga dapat berpikiran lebih positif. Tentunya cara berpikir positif satu ini harus ditunjang dengan jadwal yang fleksibel. 


Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas hidup, salah satunya dengan menerapkan cara berpikir positif. Kedelapan cara di atas bisa membantu kamu untuk terus berpikiran positif dalam menjalani hidup. Selamat mencoba dan good luck!


0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More