Senin, 01 Mei 2023

Kisah Samiri Direkam Dalam Al-Qur’an



Kisah Samiri direkam dalam al-Qur’an surat Thaha: 85-98. 

Begitu dahsyatnya keajaiban yang dimiliki Samiri sehingga ummat Nabi Musa banyak yang berpaling dari tauhid dan menyembah patung anak lembu yang bisa bersuara. 

Kala itu Nabi Musa as tengah menghadap Allah Swt di gunung Sinai, sebelum meninggalkan kaum nya Nabi Musa as mengangkat Nabi Harun as sebagai penggantinya dan sebagai Imam bangsa israil di hadapan seluruh bani israil, 

Alangkah cepatnya mereka tergelincir. Padahal mererka telah menyaksikan kekuasaan Allah dengan indera mereka. Mata mereka melihat kejadiannya. Telinga-telinga mendengar gemuruhnya. Kulit-kulit mereka merasakan suasananya. 

Namun pengingkaran pun tetap terjadi patung anak lembu berhasil mengecoh mereka ketika patung itu berkata, “Inilah Tuhanmu dan Tuhan Musa, tetapi Musa telah lupa."

Ketika Musa as menyaksikan keajaiban patung emas yang dibuat Samiri, berkata Musa, “Apakah yang mendorongmu (berbuat demikian) Hai Samiri?”

Samiri menjawab, “Aku mengetahui sesuatu yang mereka tidak mengetahuinya, maka aku ambil segenggam dari jejak Rasul lalu aku melemparkannya dan demikianlah nafsuku membujukku.” (QS. Thaha 95-96)

Konon para ahli tafsir berbeda pandangan tentang apa yang dimaksud dengan “jejak Rasul”. Sebagian mengatakan bahwa ketika Bani Israil menyeberangi Laut Merah, Samiri melihat malaikat Jibril berjalan di hadapannya menunggang kuda. Rasul di situ adalah Jibril. ia mengambil tanah yang diinjak oleh malaikat. Tanah itu dimasukan ke dalam adonan patung emas yang dibikinnya. Dengan “berkat””tanah itu, patung itu mempunyai kekuatan gaib. 

Sebagian ahli tafsir mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Rasul di situ adalah Nabi Musa 

Terlepas dari apa yang dimaksud dengan jejak dan siapa yang dimaksud dengan rasul di situ, Al-Qur’an sebenarnya memberikan berbagai pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah seorang fasik dan sesat yang mampu memiliki kekuatan supranatural dengan mengambil ‘jejak Rasul’.


0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More