Senin, 27 Maret 2023

Abdul Latif Ikhlashul Mukmin - Coding Collective


 Usia muda kini bukan lagi menjadi penghalang untuk membangun dan mengembangkan sebuah bisnis. Bahkan, anak muda Indonesia sudah seharusnya mulai mengembangkan inovasi baru untuk memajukan bangsa Indonesia terutama di bidang IT dan software developer. 


Salah satu pemuda Yogyakarta yang berhasil mengembangkan perusahaan hingga menembus pasar ASEAN. Adalah Abdul Latif Ikhlashul Mukmin, seseorang di balik berdirinya perusahaan Coding Collective. Abdul Latif menjadi CTO Coding Collective berhasil menginspirasi anak muda Indonesia khususnya Yogyakarta karena mampu mengembangkan perusahaan. Berdirinya Coding Collective diinisiasi dua orang, salah satunya Abdul. Dengan segala kegigihan, ia bersama rekan mengembangkan Coding Collective sampai ke pasar ASEAN. 


“Coding Collective itu berdiri dari keresahan saya, ketika beberapa tahun lalu untuk mengerjakan sebuah project harus menggunakan tenaga dari Myanmar. Padahal, teman-teman di Indonesia sangat mampu. Akhirnya saya berpikir, mengapa tidak saya menggerakkan teman-teman yang punya potensi,” ungkapnya


Masalah yang dihadapi Abdul saat itu ditangkap sebagai peluang bagi developer Indonesia untuk menunjukkan kemampuan dan bakatnya sebagai developer. Jika dilihat dari bagaimana developer Indonesia berkarya, tidak sedikit orang yang minim fasilitas sehingga karyanya terkesan dipandang sebelah mata. 


Dalam bekerja, perusahaan asal Yogyakarta ini menerapkan standarisasi internasional sehingga beberapa negara masuk seperti Singapura, Dubai, Korea, Filipina, Amerika Serikat, Myanmar dan Taiwan. Di sisi lain, Coding Collective membantu membangun talenta yang kompeten di setiap fokus bidangnya dengan mendirikan Home Base perusahaan di Indonesia. “Kami ingin membuktikan bahwa talent IT Indonesia mampu bersaing di level internasional. Ketika mendapat ruang dan fasilitas, kita bisa mengembangkan kemampuan sehingga mampu bersaing secara internasional,” pungkas dia


Anak-anak memiliki banyak potensi dalam hal inovasi teknologi – lihat saja keadaan teknologi saat ini!  Pemuda bangsa dibekali dengan keterampilan yang diperlukan untuk kemajuan teknologi berkat pendidikan wajib di Anak-anak mengembangkan keterampilan dalam ilmu komputer dan teknik di tingkat dasar.  Ide-ide ini perlu diwariskan kepada generasi mendatang agar mereka dapat terus membangun apa yang telah dimulai oleh generasi sebelumnya.  Teknologi telah memberi kita banyak hal;  sekarang terserah kita sebagai orang dewasa untuk mengembalikannya!

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More