Senin, 27 Maret 2023

Caesar Hendrik Meo Tnunay Anak Jenius NTT menjadi Juara Dunia Matematika di Amerika Serikat



 Caesar Hendrik Meo Tnunay, atau akrab disapa Nono, berhasil memperoleh juara pertama dalam International Abacus World Competition 2022, yang diadakan oleh International Abacus Brain Gym. Dia sukses menyingkirkan sekitar 7 ribu peserta lainnya dari seluruh dunia.


Bocah yang bercita-cita jadi polisi hingga TNI ini lantas mendapat banyak hadiah dari sederet pejabat, tokoh, dan artis Indonesia sebagai bentuk dukungan atas prestasinya.


Dikutip via detikBali, siswa kelas 2 SD Inpres Buraen II, Amarasi Selatan, Kupang, NTT itu dikenal sangat cerdas di sekolahnya, sehingga ia kerap menjadi tutor pelajaran matematika bagi teman-temannya.

Usai kemenangannya tersebut, Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim memberikan beberapa hadiah untuk Nono.


Namun, dari beberapa hadiah yang diberikan, Nono hanya menerima beasiswa dan bola saja. Sedangkan, untuk laptop yang juga ditawarkan oleh Nadiem Makarim, ditolak oleh Nono. Hal ini disampaikan oleh Ibunda Nono. 


"Nono tidak terbiasa dengan hal-hal mewah dan juga tidak suka dengan pemberian dari orang," jelas Nuryati ibunda Nono, seperti yang dikutip dari detikcom. 


Alasan lain Nono menolak laptop adalah karena ia memang sudah memilikinya sendiri, yang sering digunakannya untuk untuk mengerjakan soal-soal.


"Kalau laptop dari Pak Menteri memang ditawarkan, tapi Nono tidak mau karena dia sudah memiliki laptop yang biasa dipakai mengerjalan file soal selama mengikuti lomba," lanjutnya. 


Selain menolak tawaran laptop dari Nadiem Makariem, ternyata saat berkunjung ke kantor pusat Astra, Nono pun sempat ditawari mobil.


Tawaran ini pun kembali ditolaknya. Penolakan ini karena Nono ingin menciptakan kereta api cepat dan pesawat cepat sendiri, 


"Nono tolak dan Nono bilang mau menciptakan kereta api cepat dan pesawat tercepat saja," kata ibu Nono, dikutip dari Kompas.com.


Karena menolak, ia diberi bonus menginap di hotel selama tiga hari dan jalan-jalan keliling Jakarta. 

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More