Senin, 10 April 2023

Dr.Aisyah Dahlan : Perbedaan Laki-laki dan Perempuan




 Surabayanetwork.id - Laki-laki dan perempuan mempuanyai struktur otak yang berbeda. Karena inilah, laki-laki dana perempuan punya cara yang berbeda dalam menyelesaikan sesuatu. Dr Aisyah Dahlan menjelaskannya.


Perbedaan emosi laki-laki dan perempuan harus bisa kita pahami, supaya dapat tercipta hubungan yang sehat baik kepada orang tua, saudara, teman, atasan, suami, anak dan lain lainnya.


Emosi adalah perasaan senang atau marah yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu. Emosi bisa terjadi pada laki-laki dan perempuan.


Lalu, apa saja perbedaan emosi laki-laki dan perempuan? Aisyah menjelaskan bahwa perbedaan emosi laki-laki dan perempuan di sini bisa ditinjau dari struktur otak. Menurutnya, pria menggunakan mekanisme berbahasa pada bagian otak kiri.


Sementara perempuan menggunakan mekanisme berbahasa pada bagian depan otak kiri dan kanan. Maka pria lokasi bahasanya perhari ada 7000, perempuan lokasi bahasanya  per hari ada 20.000  dan yang pendiam ada 16.000.


Hal tersebut di atas dapat dijelaskan yaitu wanita lebih pandai bicara dan bisa bekerja sambil terus bicara. Karena mekanisme berbahasanya ada pada bagian depan otak kiri dan kanan. Sedangkan pria lokasi bahasanya lebih sedikit dibanding dengan wanita karena mekanisme berbahasanya ada pada bagian otak kiri saja.


Kemudian Aisyah melanjutkan penjelasannya, pada pria ada corpus callosum (serat saraf yang menghubungkan otak kiri dan kanan) lebih tipis.


Pada wanita corpus collosumnya lebih tebal. Hal tersebut di atas dapat dijelaskan bahwa wanita dapat mengerjakan pekerjaan lebih  banyak dalam satu waktu karena serat saraf yang menghubungkan otak kiri dan kanannya lebih tebal.


Terbukti dalam mengurus rumah tangga, wanita dari pagi memasak,diiringi cuci piring, lanjut menyapu lantai, lanjut mencuci baju,setrika baju dan seterusnya.


Ia menjelaskan lagi, pada pria emosi mengaktifkan ada pada belahan otak kanan. Pada wanita emosi mengaktifkan ada pada kedua belahan otak.  


"Allah Maha Adil, dapat dibuktikan secara realita. Misal ada pria sedang emosi sedih maka belahan otak kanannya saja yang terganggu dan otak kirinya tidak terganggu," ujarnya.


Karena otak kirinya tidak terganggu maka pria tersebut masih bisa bekerja meskipun sedang emosi sedih. 


Fungsi otak kiri adalah untuk menganalisa, teratur, matematika, detail, hitung-hitungan. Sedangkan emosi mengaktifkan otak wanita ada pada otak kiri dan kanan, misal susah, sedih memikirkan anak yang nakal.


Pada otak kanan dan kiri wanita  terganggu semua, wanita mudah menangis dan bisa terganggu pekerjaannya. 


Fungsi otak kanan adalah untuk kreatif, imajinatif, membayangkan, intuisi atau ilham, warna, musik. Kemudian Aisyah menjelaskan lebih dalam, di dalam otak ada Nucleus Suprachiasmaticus.


Berbentuk cerutu ini dimiliki oleh laki laki dan berbentuk bola dimiliki oleh wanita. Nucleus tersebut di atas sangat mempengaruhi pola marah, respon.


Laki-laki punya nucleus bentuk kerucut punya respon, marah lebih cepat. Kalau wanita karena nucleusnya berbentuk bola.maka daya respon, marahnya lebih lambat.


Ia melanjutkan penjelasannya, pria bila mendengar curhat , selalu menawarkan dengan solusi. Beda dengan wanita, bila curhat hanya ingin disimak.


Otak pria dalam keadaan istirahat 70 persen aktivitas elektriknya mati.  Sedangkan otak wanita dalam keadaan istirahat 90 persen aktivitas elektriknya hidup. 


Makanya pria bila tidur cepat mendengkur, beda dengan wanita bila tidur, susah untuk nyenyak karena banyak yang dipikirkan akibat dari  90 persen aktivitas elektriknya hidup.


Pada kesimpulannya Aisyah menjelaskan, perbedaan emosi laki-laki dan perempuan semuanya adalah sunnatullah dan sudah kehendak Sang Pencipta yaitu. 


Allah Subhanahu  Wata’ala. Maka untuk mengatasi emosi kesedihan, komunikasi,,perasaan bisa diatasi dengan banyak mengingat Allah yaitu ibadah sholat wajib 5 waktu dan istighfar bagi umat Islam. 


Sebagaimana Allah berfirman, “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu.”(QS Al Baqarah ayat 45)


Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang memperbanyak istighfar, Allah akan melapangkan kesusahannya,  mengeluarkannya dari kesempitan dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka." (HR Muslim)***

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More