Jumat, 28 April 2023

Muhammad SAWW, Nabi dengan Beban Risalah Terberat



Habib Ali Assegaf

 Selamat datang Bulan Cahaya kelahiran al-Mustofa muhammad saww - 

Nabi yang tak ada nabi lain yang beban risalahnya dan cobaannya sebesar Rasulullah saww 

Turun pada kaum yang tak punya peradaban dan tak ada imperium yang dihadapinya - Nabi yang kesabarannya puncak - 13 Tahun di mekkah hanya diterima kurang dari 130 pengikut yang beriman kepadanya.

Sang nabi yang tak pernah memaksakan syariat atas kaumnya dimekkah, hingga tiba kehendak REFERENDUM di madinah yang kemudian sebagai sebuah pesan mayoritas menyambut dalam PIAGAM MADINAH 


Sejak di madinah, tak diberi kesempatan membangun - setiap tahun diperangi dan musuhnya berasal dari 


1. Musyrikin Mekkah 

     Yang terancam karena pembesar itu takut setoran uang dan jabatannya ditinggalkan, kini menghimpun pasukan melawan madinah - terdiri para imperialis mekkah


2. Yahudi - Intelektual madinah

    Exclusivitas, dan strata keilmuan serta posisi geografis tinggal dalam benteng2 yang menjadi penentu pasar masuk dan keluar kota madinah.

    Terhadap kaum ini, nabi berlakukan beda. Ejekan2 intelektualitas karena banyaknya ummat nabi yang strata keilmuan rendah jadi bahan cemooh - istilah2 nabi, rasul yang asing dikaum jahiliah ini - adalah istilah yang ada di bani israel. Sehingga banyak dialog2 bani israel ini pada nabi dan tetap dg asas kepentingan ekonomi.


3. Kaum munafikin madinah

Yang sering kali menunjukan sikap tidak bersahabat dg keputusan2 nabi. Mereka digolongkan dalam level kemunafikannya yaitu 

   a) menggerutu 

        Karena takut, mereka bicara dibelakang sambil mengeluh sendiri

   b) bisik-bisik 

        Level kemunafikannya sudah lebih tinggi dengan menceritakan sebab semua derita ini adalah keputusan nabi.

    c) komentar terbuka 

        Kelompok ini secara terbuka menunjukan dampak2 materi, melupakan makna ruhani yang memang tidak dipahaminya - kadang bersikap secara private menentang kebijakan2 sang nabi.

    d) mengorganisasi diri melawan nabi

       Kelompok ini sudah menyiapkan kudeta, melakukan upaya menghalangi keputusan nabi secara terbuka - kadang dipaksa damai dengan mekkah dan tunduk dengan kebijakan2 musuhnya.


4. Musuh keempat kebodohan

    nabi ini menghadapi 3 kelompok musuh dalam sejarah islam, tak seberat menghadapi kebodohan ummat yang baru masuk islam bersamanya ini.

namun sikap sang nabi, seluruhnya tidak diperuntukan menyelesaikan perkara dizamannya, namun pelajaran bagi alam semesta. Ajarannya untuk membimbing manusia pada risalah yang dibawanya - adalah misi mencapai target Rahmat Alam ( tidak ada sisi kedzaliman sesama manusia diseluruh muka bumi ini )

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More