Rabu, 22 Maret 2023

Mbah Parno 83 Tahun, Siswa Sipuh yang kini jadi Warga PSHT

 

    Suparno, kesehariannya adalah budayawan, aktif sebagai dalang wayang kulit dan berjaya pada masanya. Beliau merupakan warga tertua PSHT Banjarnegara pengesahan tahun 2022, tetap eksis dan semangat lanyaknya remaja belasan.


    Lansia yang tinggal di Badamita, Kecamatan Rakit, banjarnegara ini resmi menjadi warga PSHT Cabang Banjarnegara pada pengesahan bulan Agustus 2022, begitu semangatnya untuk bisa menjadikan dirinya terlahir muda atas sikap hidupnya.


    
    Ketika di tanya, kenapa harus PSHT, beliau berujar :
" Sudah kewajiban kita, sebagai orang jawa untuk nguri-uri budaya jawa disamping pencak silatnya, ajaran di PSHT sangat komplek dan bisa berolahraga untuk menjaga tubuh bergerak seiring bertambahnya usia saya, cara ini paling pasti untuk tetap sehat dan bahagia".

    Ketua PSHT Banjarnegara, Bayu Mahendra membenarkan bahwa warganya memang ada yang usia lanjut dan semangatnya luar biasa. Bahkan masih banyak lagi ada sekitar 15 warga sepuh pengesahan 2022, dari berbagai kalangan baik akademisi, pengusaha bahkan anggota DPRD juga ikut serta.

    Beliau berharap para pendekar muda Banjarnegara ini jangan mau kalah seperti mbah parno dan warga sepuh lainnya, di PSHT karena lansia, fisik bukan targetnya yang terpenting ajarannya, untuk mencapai tujuan dasar dan merealisasikan persaudaraan setia hati teratai mengajarkan pada 5 ajaran pokok atau panca dasar yakni : Persaudaraan, Olah Raga, Bela Diri, Kesenian, dan Kerohanian / Ke-SH-an.

    Ketua Koni Banjarnegara sekaligus warga PSHT, Nurohman Ahong berpendapat, tidak ada kata lemah, remaja, muda, lansiapun jadi seperti mbah Parno dan dari kalangan apapun di Persaudaraan Hati Teratai. Motivasi merupakan suatu penggerak pada diri seseorang untuk melakukan suatu tujuan.

    Tentunya dalam mengikuti latihan pencak silat PSHT siswa mempunyai motivasi, tujuan dan harapan yang berbeda-beda. Diantaranya siswa mengikuti latihan pencak silat PSHT karena ingin prestasi, ingin mengembangkan bakatnya di bidang pencak silat, ingin menyalurkan hobinya, dan ada juga siswa yang mengikuti latihan PSHT karena ingin mengetahui tentang ajaran-ajaran PSHT.
Dan semuanya itu bisa terwujud apabila siswa bersungguh-sungguh dalam mengikuti latihan." kata Ahong ( Harispaparazy )

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More