Rabu, 29 Maret 2023

Apa Ciri-ciri dan Bentuk Organisasi?


1. Organisasi garis (lini)

Dalam buku Ekonomi Bisnis Peternakan yang ditulis oleh Budi Hartono, organisasi garis digambarkan sebagai bentuk organisasi tertua dan paling sederhana, diciptakan oleh Henry Fayol. Ciri-ciri bentuk organisasi garis yaitu organisasinya masih kecil, jumlah karyawan sedikit dan saling mengenal serta spesialisasi kerja belum tinggi.


Ciri-ciri organisasi garis:

  • Biasanya pemilik organisasi bisnis merangkap sebagai manajer atau pimpinan
  • Organisasi sederhana dengan jumlah karyawan sedikit
  • Hubungan kerja antara pimpinan dan bawahan bersifat langsung
  • Spesialisasi relatif masih rendah
  • Antara anggota saling kenal sangat baik
  • Tujuan dan alat masih sederhana
  • Hasil produksi belum beraneka ragam
  • Bawahan hanya bertanggung jawab pada satu atasan yaitu manajer

2. Organisasi Fungsional

Organisasi fungsional adalah merupakan bentuk organisasi yang melimpahkan tugas pimpinan kepada bawahannya dalam bidang pekerjaan tertentu atau ahli di bidangnya. Oleh karena itu pimpinan bidang tertentu berhak memerintah kepada semua pelaksana yang terkait dengan pekerjaannya, sehingga bawahan bertanggungjawab terhadap beberapa orang atasan.


Ciri-ciri Organisasi Fungsional:

  • Pimpinan berhak memerintah semua bawahannya
  • Bawahan bertanggung jawab kepada beberapa atasan
  • Memiliki spesialisasi tugas yang jelas
  • Koordinasi mudah dilaksanakan
  • Solidaritas antara petugas fungsi sangat tinggi



Organisasi memiliki ciri yang bisa dijadikan pembeda dengan aktivitas sosial lainnya. Ciri organisasi diantaranya adalah seperti yang dikutip dari lama UPI.edu :

  • Memiliki anggota atau sekelompok orang di dalamnya yang berjumlah 2 orang atau lebih untuk bisa menjalankan organisasi sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan
  • Memiliki tujuan organisasi yang akan dicapai bersama. Sehingga kegiatan yang dilakukan di dalamnya akan lebih jelas
  • Saling bekerja sama menjadi ciri khas utama dalam organisasi karena bagaimanapun setiap anggota yang ada di dalamnya harus bisa saling membantu untuk mencapai tujuan organisasi
  • Peraturan yang dibuat untuk kepentingan setiap anggota dalam organisasi tentu sangat penting untuk membatasi sumber dayanya tetap bisa bekerja sama dengan baik dalam menjalankan pekerjaannya
  • Pembagian tugas yang sinergis akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan dalam organisasi tersebut, tentunya juga dengan pertimbangan bidang berdasarkan tujuan organisasi yang ditentukan

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More