Rabu, 29 Maret 2023

Bagaimana Konsep Organisasi yang Baik ?

 

Dilansir dalam buku Perilaku Organisasi (Teori dan Konsep) Jilid 1 oleh Dr. Rahmi Widyanti, M.Si., Dr. Basuki, M.Si., dijelaskan beberapa konsep pendekatan yakni:


1. Pendekatan Sistem

Kata sistem dapat diartikan sebagai gabungan dari komponen-komponen yang terdiri dari sub-sub sistem yang saling berkaitan. Organisasi sebagai sistem merupakan bagian-bagian dari sub-sub sistem yang berkaitan dan hal tersebut akan berinteraksi dengan lingkungan. Dari pandangan yang menyeluruh itu akan lebih bermanfaat.


2. Pendekatan Kontingensi

Pendekatan in muncul sebagai tanggapan atas ketidakpuasan terhadap universalitas dan kebutuhan untuk memasukkan berbagai variabel lingkungan ke dalam lingkungan dan praktek manajemen.


3. Perilaku Organisasi Industri

Konsep tentang organisasi perlu diketahui dan dihayati agar kita memaklumi latar belakang adanya organisasi dan ikut mengembangkannya. Konsep organisasi dibedakan ke dalam konsep klasik, neoklasik dan modern.


4. Konsep Klasik terdiri atas konsep birokrasi, administrasi, dan manajemen ilmiah.

Perilaku Organisasi Neoklasik mendekati organisasi sebagai kelompok orang dengan tujuan bersama. Perilaku organisasi neoklasik hasil "pembenahan" perilaku organisasi klasik dengan unsur manusiawi yang lebih ditonjolkan. Pembenahan meliputi aspek pembagian kerja, proses skala dan fungsional, struktur organisasi, rentang kendali, di samping itu dimunculkan konsep tentang organisasi informal.

Perilaku Organisasi Modern merupakan perilaku yang mendekati masalah sebagai suatu sistem keseluruhan, memperhatikan berbagai variabel dan memahami proses dinamis. Perilaku modern membicarakan keterkaitan bagian dalam sistem dan hubungan sistem dengan lingkungannya. Menurut perilaku modern, organisasi terdiri dari bagian yang tersusun dalam sistem orang di dalamnya berinteraksi mencapai tujuan.


Jalannya sebuah organisasi yang baik tidak terlepas dari tingkat kerjasama semua lini yang ada dalam organisasi itu sendiri,selain itu sebuah proses pelaksanaan program yang dilakukan sebuah organisasi dalam upaya mencapai tujuan organisasi ditunjang dengan manajemen yang disepakati untuk mencapai tujuan organisasi.Suatu organisasi dikatakan ideal apabila sebagai berikut:

  • Organisasi mempunyai tujuan dan sasaran utama untuk dicapai bersama-sama artinya organisasi diciptakan tidak untuk kepentingan sendiri tetapi untuk kepentingan bersama anggota.
  • Organisasi harus mempunyai aturan dimana aturan tersebut harus ditaati oleh setiap anggota, tujuan aturan tersebut yaitu agar organisasi tersebut terkendali dan teroganisir
  • Organisasi termanajemen untuk mencapai tujuan maka diperlukan kerja sama team
  • Organisasi harus terkoordinasi dalam tugas,dimana pemimpin yang baik yaitu pimpinan yang mengajarkan anggotanya sebelum memberikan perintah untuk dikerjakan


0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More