Rabu, 29 Maret 2023

Apa Jenis-jenis Organisasi yang Ada di Masyarakat?

 Dalam buku Manajemen Biaya 1 oleh Blocher (MGH), tertulis beberapa jenis-jenis organisasi sebagai berikut:


1. Perusahaan Bisnis

Biasanya dikelompokkan berdasarkan industri, kelompok industri yang utama adalah perdagangan, manufaktur, dan jasa. Perusahaan dagang membeli barang untuk dijual kembali, Perusahaan dagang yang menjual barang pada perusahaan dagang lainnya disebut pedagang besar, sementara perusahaan dagang yang menjual langsung kepada konsumen disebut peritel atau pengecer (retailers). Contoh perusahaan dagang adalah peritel bear seperti Sears, Wal-Mart, dan Amazon.com.


2. Perusahaan Manufaktur

Perusahaan ini menggunakan bahan baku, tenaga kerja, dan fasilitas produksi serta peralatan lainnya untuk menghasilkan produk. Produk ini dijual pada perusahaan dagang atau perusahaan manufaktur lain sebagai bahan baku untuk memproduksi produk lainnya. Contoh perusahaan manufaktur adalah General Motors, General Electric, dan Cisco Systems.


3. Perusahaan Jasa

Jenis organisasi ini menyediakan jasa bagi pelanggan dengan menawarkan kemudahan, kebebasan, keamanan, atau kenyamanan. Produk jasa biasanya meliputi bidang transportasi, perawatan kesehatan, jasa keuangan (perbankan, asuransi, akuntansi), layanan pribadi (latihan fisik, penataan rambut), dan jasa bantuan hukum.


0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More