Sabtu, 25 Maret 2023

Dan Perintahkan Keluargamu untuk Shalat...

 


#kisah_'ibrah


DAN PERINTAHKAN KELUARGAMU UNTUK SHALAT....


Setelah shalat maghrib, seorang suami mendatangi istrinya dan melihat anak-anaknya sedang tidur. Dia bertanya padanya : "Apakah anak-anak sudah shalat atau belum ?"


Istrinya menjawab : "Aku tidak punya makanan dan aku memaklumi mereka tidur dan tidak mendirikan shalat."


Suaminya berkata : "Bangunkan mereka agar mereka melakukan shalat !"

Istrinya berkata : "Wahai Abu Jadalhaq, jika aku membangunkan mereka, mereka akan menangis karena lapar sedangkan kita tidak memiliki makanan..."


Suaminya berkata : "Hai perempuan, sesungguhnya Allah memerintahkan Aku untuk menyuruh mereka shalat dan rezeki mereka tidak ada padaku. Bangunkan mereka !!! rezeki mereka ada pada Allah...."


Allah SWT berfirman :


{ وَأۡمُرۡ أَهۡلَكَ بِٱلصَّلَوٰةِ وَٱصۡطَبِرۡ عَلَيۡهَاۖ لَا نَسۡـَٔلُكَ رِزۡقٗاۖ نَّحۡنُ نَرۡزُقُكَۗ وَٱلۡعَٰقِبَةُ لِلتَّقۡوَىٰ }


"Dan perintahkanlah keluargamu melaksanakan shalat dan sabar dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik di akhirat) adalah bagi orang yang bertakwa." [Surat Thaha (20) Ayat 132]


Sang Istri menunduk terus membangunkan mereka. Ketika mereka selesai shalat, terdengar ketukan di pintu,..... Saat pintu dibuka, di depan rumah salah satu orang terkaya membawa hidangan dengan berbagai macam makanan yang paling enak.


Si kaya berkata : "Ambil ini untuk keluargamu...."

Sang Suami berkata : "Memangnya ada apa ?"

Si kaya berkata : 'Salah seorang pejabat negara datang kepadaku dan aku menghidangkan makanan ini. Sebelum dia makan, kami berdebat dan dia bersumpah untuk tidak makan apapun dan langsung pergi......"


"Jadinya Aku membawa makanan dan bersumpah, Aku akan memberikannya kepada siapa pun di mana langkah kakiku berhenti. Demi Allah, aku hanya berdiri di depan pintumu dan demi Allah aku tidak tahu apa yang membawaku kepadamu."


Kemudian sang ayah menengadahkan kedua telapak tangannya kepada Tuhan semesta alam dan memanjatkan doa : 


رَبِّ ٱجۡعَلۡنِي مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِيۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلۡ دُعَآءِ 


"Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku." [Surat Ibrahim (14) Ayat 40]

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More