Rabu, 26 April 2023

Guru dalam pandangan Ghazali


Oleh : abu shereen

Ghazali menilai bahwa menjadi guru adalah semulia-mulianya pekerjaan dan paling mulianya profesi. Ia berpendapat bahwa makhluk paling mulia dimuka bumi adalah manusia dan paling mulia manusia adalah seorang guru karena guru mengemban tugas para Nabi dan Rasul yaitu menghantarkan manusia kepada kesempurnaan.

Ghazali menilai bahwa seorang guru harus memiliki beberapa karakteristik diantaranya:

1. Kasih sayang dan mencintai muridnya seperti anak sendiri.

Ghazali menilai bahwa menjadi guru bukanlah membangun dinding tebal antara murid dan guru sehingga murid sungkan mendekat, namun membangun hubungan emosional dengan sang murid sehingga mereka merasa dekat dan nyaman. Menjadi guru yang baik bukan menjaga wibawa dan enggan dekat dengan murid, melainkan merangkul murid dan mencintainya seperti adik, anak dan keluarga sendiri.

2. Kala mengajar selalu mencurahkan seluruh waktu dan usahanya

Guru selain memiliki hubungan emosional yang kuat dengan murid, harus pula mencurahkan seluruh ilmu, waktu dan usahanya dalam membina sang murid sehingga hasil yang didapatkan maksimal. Guru harus menanamkan kepercayaan bahwa murid harus lebih baik dari dirinya bukan mendoktrin selamanya dibawah dirinya.

3. Selalu menjaga muridnya dari hal-hal tercela

Guru harus selalu berperilaku baik sehingga murid-muridnya melakukan hal sama dan jika diantara murid melakukan hal tercela seorang guru harus menegurnya dengan baik dan sabar. Guru harus memahami metode terbaik dalam mendidik seorang murid sehingga tidak menimbulkan kebencian di hati sang murid, malah sebaliknya justru menimbulkan rasa syukur dan cinta di hati mereka.

4. Guru harus sesuai antara perkataan dan perbuatannya

Menjadi guru adalah pekerjaan para nabi, yaitu memanusiakan manusia untuk itu guru hendaknya telah selesai dengan dirinya sehingga mampu mengajarkan nilai-nilai kemanusiaan kepada muridnya baik lisan maupun perbuatan. 

Jika kita sepakat bahwa profesi guru adalah profesi para nabi, maka tujuan menjadi guru  tidak hanya "memintarkan" manusia saja, melainkan memanusiakan manusia.

Selamat Hari Guru

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More