Rabu, 26 April 2023

Persaudaraan Tidak Mengenal Nasab

 

Oleh : abu shereen

Inilah Saudara!

Ketika Nabi Yusuf as hendak dilemparkan kedalam sumur oleh saudara-saudaranya, ia tersenyum. Kemudian Yahuda salah satu saudara Yusuf bertanya kepadanya, kenapa engkau tertawa? Engkau akan dimasukan kedalam sumur yang dalam dan gelap, tidak ada waktu untukmu tersenyum atau tertawa duhai Yusuf.

Yusuf berkata, " Aku tersenyum karena aku gembira memiliki banyak saudara-saudara yang kuat tempat bersandar dan berlindung dan berfikir siapa yang akan berani menyakitiku dan memusuhiku?! Namun saudara-saudara yang kuanggap tempat bersandar itu kini akan membunuhku sehingga aku sadar tidak ada tempat bersandar kecuali Allah swt.

Kisah Yusuf as menjelaskan kepada kita bahwa berapa banyak saudara kandung namun berprilaku seperti orang lain bahkan musuh dan berapa banyak orang lain namun berprilaku seperti saudara kandung sendiri.

Kisah Yusuf as didalam Al-Quran mengajarkan kepada kita agar kita tidak menjadi Yusuf-yusuf baru. Untuk itu bangunlah persaudaraan yang kuat dan kokoh yang tidak mudah hancur oleh masalah-masalah materi-isme dengan membina persaudaraan ilahi yaitu persaudaraan yang dibangun atas dasar Allah swt yang berjalan bersama dalam naungan wilayahNya.

Persaudaraan hakiki yang mana saudara berkata kepadamu, " Aku tidak akan pernah masuk surga ilahi kecuali engkau masuk bersamaku wahai saudaraku."

Inilah saudara!

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More