Kamis, 23 Maret 2023

Hak yang Muda dan yang Lebih Tua

 

Kewajiban dan Hak Asasi Manusia

Hak orang yang lebih tua

     Adapun memenuhi hak orang yang lebih tua ialah dengan menghormati usianya dan menghargai keislamannya - jika ia termasuk orang yang berjasa dalam Islam - dengan mendahulukan kepentingannya. Dan hindarilah bentrokannya dengannya bila kamu terpaksa terlibat dalam pertikaian dengannya. Jangan berjalan di depannya dan jangan sekali-kali memperbodohkannya.

     Bila ia menunjukkan kejahilannya padamu, bersabarlah dan hormatilah ia sesuai  dengan hak keislaman dan hak usianya, sebab hak usia seseorang sesuai keislamannya. Wala quwwata illa billah,tiada kekuatan kecuali dengan kekuatan Alloh.


Hak Orang yang Lebih muda

     Adapun memenuhi hak orang yang lebih muda darimu ialah dengan menyayanginya, mendidiknya,mengajarinya, memaafkannya, menutupi kesalahannya agar tidak diketahui orang lain, bersikap lunak terhadapnya,membantunya dan memaafkan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukannya yang disebabkan usianya yang masih muda.

     Dengan perlakuan seperti itu ,diharapkan ia akan menghentikan kesalahannya dan memperbaiki dirinya , serta akan menghindarkan ketegaran hatinya. Yang demikian itu lebih bisa mendatangkan kesempurnaan akalnya.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More