Kamis, 23 Maret 2023

Mawas Diri Jangan mudah Tertipu

 


Jangan mengagumi diri² kalian sendiri. Terkadang kalian dapat tertipu oleh kekayaanmu dan kesehatan jasmanimu, hingga kalian menganggap akan hidup selamanya. Kadang kamu tertipu oleh panjangnya umurmu, anak²mu, juga kawan²mu, hingga kamu mengira akan diselamatkan oleh mereka.


Terkadang kamu tertipu oleh penyesalanmu yang kamu tunjukkan kepada orang², atas kekuranganmu dalam beribadah, tetapi Allah maha mengetahui yang sebaliknya di dalam dirimu.


Terkadang kamu mendorong dirimu untuk beribadah, sementara dalam jiwa yang ingkar; tetapi Allah menginginkan ketulusan. Terkadang kamu membayangkan sedang memohon kepada-Nya, sementara kamu memohon kepada selain-Nya.


Terkadang kamu membayangkan bahwa kamu telah memberikan nasihat² yang baik kepada orang lain, sementara keinginanmu yang sesungguhnya adalah agar mereka menghormatimu.


Terkadang kamu menyalahkan diri sendiri, padahal ternyata tujuanmu adalah untuk memuji dirimu sendiri.


Jika kamu puas dengan keadaanmu sekarang, maka tak ada orang yang lebih menyedihkan dibandingkan dirimu, dalam pengetahuan dan tindakan.


Sesungguhnya yang terjerumus dalam khayalan akan menemui kemalangan di dunia ini, dan tertipu di akhirat; dan kamu hanya akan bangkit dari kegelapan khayal dan keinginan, bila kamu tulus memohon ampunan kepada Yang Maha Kuasa.

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More