Kamis, 23 Maret 2023

Wasiat bagi penumpang jalan Allah


    Aba Abdillah : "Aku nasehatkan kepadamu sembilan hal, dan inilah wasiatku kepada penumpang2 jalan Allah SWT.


Tiga Hal di latihan al' nafs (Psikiatri)

Tiga Hal di Penahanan (Sabar)

Tiga Hal lainnya di Ilmu.


Adapun yg didalam latihan al'nafs :


1. Jangan makan apa yang engkau tidak mempunyai keinginan besar (appetite) kepadanya, karena itu akan mewarisi kebodohan.


2. Jangan makan, kecuali engkau lapar

3.  Ketika makan, makanlah yang halal dan ucapkan "Bismillah" dan ingatlah hadis Nabi saw : "tidak ada sesuatu yang manusia bisa memenuhi seburuk buruknya perut, maka ketika makan jadikanlah 

1/3 perut utk makanan

1/3 untuk minuman

1/3 untuk udara (nafas)


Dan yang didalam Penahanan (Kesabaran) : 

1. Jika seseorang mengatakan kepadamu, wahai fulan jika kamu mencaci maki aku satu kali, aku akan membalas sepuluh kali, maka engkau katakanlah kepadanya, jika engkau mencaci maki aku sepuluh kali, aku tidak akan membalas satu kali pun.

2. Jika seseorang mencaci makimu, maka engkau katakanlah kepadanya, wahai fulan jika engkau jujur dan benar dalam apa yang engkau katakan, maka aku memohon kpd Allah agar mengampuni dosa dan kesalahanku, dan jika engkau tidak jujur dan berbohong pada apa yg engkau ucapkan, maka aku memohon kepada Allah agar mengampuni dosamu.

3. Dan jika seseorang berjanji untuk mengganggu kepadamu, maka engkau berjanji untuk berbaik dan memberi kebaikan kepadanya.


Kemudian yang di dalam Ilmu :

1. Tanyalah apa yg engkau tdk mengetahui dari orang2 yg berilmu, dan janganlah bertanya utk menguji dia.

2. Janganlah melakukan(menjalankan) atas pendapat dirimu sendiri dalam hukum2 syariat, serta berhati-hati dalam bertindak dg apa yg engkau tidak mengetahui hukumnya.

3. Jangan berfatwa menurut pendapatmu, menjauhlah dari berfatwa menurutmu, seumpama engkau lari dan menjauh dari kejaran singa, Dan janganlah menjadikan pundakmu sebagai jembatan untuk orang2. 

0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More